Home » Toyota » Fortuner Penjelajah Tangguh

Fortuner Penjelajah Tangguh

Kali ini Blog Gado Gado akan menampilkan artikel berjudul Fortuner Penjelajah Tangguh. Dengan artikel Fortuner Penjelajah Tangguh ini kami berharap dapat menjadi sebuah rujukan dan bahan penambah wawasan kita terkait dengan judul tersebut. Artikel ini adalah hasil pencarian di google dengan kata kunci Fortuner Penjelajah Tangguh kemudian saya kumpulkan dan saya sajikan buat anda di Blog Gado Gado ini. Semoga kehadiran artikel ini bermanfaat bagi kita semua.anda juga dapat melihat artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Ok, langsung saja berikut adalah artikel Fortuner Penjelajah Tangguh selengkapnya:

Fortuner Penjelajah Tangguh - Fortuner SUV Terbaik - Handal, Tangguh dan Elegan! - D-Copy Blog | Kita akan mereview tuntas SUV terbaik yang satu ini. Didesain dengan sangat elegan dan dilanjutkan dengan ketangguhan dan kehandalan yang luar biasa yang mungkin akan sangat membuat Anda mengagumi  mobil kelas SUV terbaik keluaran pabrikan Toyota ini "TOYOTA FORTUNER VNTurbo".

  • Fortuner SUV Terbaik - Handal, Tangguh dan Elegan! Fortuner EURO-ASIA - Fortuner SUV - Fortuner SUV Terbaik yang direlease oleh Toyota, yang di launching
    Tgl. 30 agustus - 2 september 2012 bertempat di Mall Kelapa Gading 3. Toyota Fortuner yang menggunakan
    hadir dengan tenaga baru, Variable Nozel Turbo atau yang lebih familiar disebut VNT
  • Fortuner SUV Terbaik - Handal, Tangguh dan Elegan! Fortuner SUV
  • Fortuner SUV Terbaik - Handal, Tangguh dan Elegan! Fortuner SUV - Rivalitas di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) semakin panas. Setelah pabrikan dari kompotitor lain mengeluarkan SUVnya, Toyota sontak counter dengan produk anyarnya dari Fortuner diesel dengan kisaran harga Rp 387 juta sampai 421,9 juta.
  • Fortuner SUV Terbaik - Handal, Tangguh dan Elegan! Fortuner SUV - Grand New Fortuner VNT ini mengusung beberapa fitur anyar yang menjadi tradmark penting.
    Semisal, mesin terbaru 2 KD - FTV VN Turbo, yang mengupgrade mesin lama 2 KD - FTV.

Keunggulan Fortuner VN Turbo

Adalah GRAND NEW TOYOTA VN TURBO, Fortuner SUV Terbaik yang direlease oleh Toyota, yang di launching Tgl. 30 agustus - 2 september 2012 bertempat di Mall Kelapa Gading 3. Toyota Fortuner yang menggunakan hadir dengan tenaga baru, Variable Nozel Turbo atau yang lebih familiar disebut VNT.
Rivalitas di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) semakin panas. Setelah pabrikan dari kompotitor  lain mengeluarkan SUVnya, Toyota sontak counter dengan produk anyarnya dari Fortuner diesel dengan kisaran harga Rp 387 juta sampai 421,9 juta.

Mobil yang yang diclaim bernama lengkap Grand New Fortuner VN Turbo with Intercooler tersebut mencuat dengan berbagai perubahan, terutama dari sisi mesin.
"Engine-nya sudah diperbaiki," ujar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Grand New Fortuner VNT ini mengusung beberapa fitur anyar yang menjadi tradmark penting. Semisal, mesin terbaru 2 KD - FTV VN Turbo, yang mengupgrade mesin lama 2 KD - FTV.
Dengan  mesin diesel baru, Grand New Fortuner VN Turbo with Intercooler mempunyai power dan torsi yang lebih besar dibandingkan terdahulunya, pun menjadi lebih gesit dengan respon dan akselerasinya yang mempuni, itu sesuatu alasan yang membuat kita triple wow.
Selain perubahan pada mesin, perubahan juga dilancarkan pada engine hood. Sebelumnya, engine hood masih standar sedangkan sekarang telah disempurnakan menjadi hood scoop yang berfungsi sebagai intercooler, eksteriornya yang elegan, diyakini akan membuat user merasa semakin  percaya diri karena mengendarai Fortuner SUV Terbaik  membuat serasa dunia miliknya. Hal ini selaras dengan tagline, “The World is Mine”.

Disinggung soal eksterior. Toyota Fortuner VN Turbo sebenarnya tidak memiliki perubahan yang signifikan. Tapi bisa kita lihat langsung melalui air scoop (lubang udara) yang berada di atas kap mesin mobil ini. Kap mesin dibuat berlubang untuk menangkap angin yang akan memberikan pasokan udara untuk intercooler turbo mobil ini. Dengan begitu kinerja turbo lebih ringan dan terhindar dari gejala “lag” yang biasa dialami mobil berturbo.

Harga Fortuner VN Turbo

Jenis
Tipe
Harga
FORTUNER G A/T LUX BENSIN
TG 61 G A/T41
Rp 447.850.000
FORTUNER G A/T LUX TRD BENSIN
TG 61 G A/T42 TRD
Rp 473.300.000
FORTUNER V A/T BENSIN
TG 51 V A/T40
Rp 499.700.000
FORTUNER G M/T DIESEL
KU 61 G M/T30
Rp 384.750.000
FORTUNER G M/T TRD DIESEL
KU 61 G M/T31 TRD
Rp 409.650.000
FORTUNER G A/T DIESEL
KU 61 G A/T20
Rp 395.000.000
FORTUNER G A/T TRD DIESEL
KU 61 G A/T21 TRD
Rp 419.900.000
FORTUNER 2.7 G A/T LUX TRD BENSIN NEW
TG 61 G A/T43 TRD
Rp 473.300.000
FORTUNER 2.5 G M/T DIESEL NEW
KU 60 G M/T32
Rp 394.750.000
FORTUNER 2.5 G M/T TRD DIESEL NEW
KU 60 G M/T33 TRD
Rp 419.650.000
FORTUNER 2.5 G A/T DIESEL NEW
KU 60 G A/T22
Rp 405.000.000
FORTUNER 2.5 G M/T TRD DIESEL NEW
KU 60 G M/T33 TRD
Rp 419.650.000
FORTUNER 2.5 G A/T TRD DIESEL NEW
KU 60 G A/T23 TRD
Rp 429.900.000

Bukti Ketangguhan Fortuner SUV VN Turbo

Fastron Euro Asia IV Menerjang Gunung Es Asia Tengah

Fastron Euro Asia IV Menerjang Gunung Es Asia TengahSelepas China, setelah menempuh lebih dari 10.000km dan melewati kawasan tropis, banjir di Thailand, gurun pasir Taklimakan di Xinjiang, China, empat unit Toyota Grand Fortuner 2.7 V AT 4×4 yang mengantarkan ekspedisi Pertamina Fastron EuroAsia memasuki kawasan Asia Tengah.

Fastron Euro Asia IV Menerjang Gunung Es Asia TengahKawasan ini benar-benar tantangan bagi orang-orang dan mobil yang disiapkan untuk kawasan tropis. Di Kyrghyztan, tim harus melintasi pegunungan batu bersalju dengan kontur jalan berliku dan naik turun. Ditambah lagi dengan suhu udara dingin rata-rata 1 derajad celcius. Bahkan kadang-kadang dibawah nol.

Berkendara selama lebih dari 22 jam dari Kota Kashgar, Cina menuju ibu kota Kyrgyzstan, Bishkek, tim merasakan suhu minus 10 derajat celcius dan berkendara hampir 100 km di jalan yang beralaskan salju tebal dan gunung yang diselimuti salju, seperti yang diceritakan tim lewat situs Pertaminaracing.com.

Fastron Euro Asia IV Menerjang Gunung Es Asia TengahKondisi ekstrim itu praktis harus dihadapi tim dan Fortuner sepanjang perjalanan melintasi kawasan Asia Tengah hingga Iran. Kawasan dataran tinggi yang kering, berbukit-bukit dan keras. Rute yang dilewati sampai ketinggi 3900dpl (dari permukaan laut). Sebagai pembanding, gunung Semeru yang tertinggi di Jawa, puncaknya hanya 3676m. Tantangan yang keras, karena bukan suhu yang turun hingga dibawah nol derajat celcius tapi juga oksigen yang makin tipis di dataran tinggi.

Fastron Euro Asia IV Menerjang Gunung Es Asia TengahNamun sejauh itu, Fortuner tetap tangguh dan tidak mengalami hambatan apapupun. Salah satu kuncinya adalah teknologi VVT-I yang didukung sensor oksigen. Sistem ini mampu mendeteksi jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar. Dengan tahu jumlah oksigen yang masuk, system bisa menakar kebutuh oksigen yang diperlukan. Katup masuk ke ruang bakar juga bisa di kendalikan lama bukaannya disesuaikan dengan kondisi medan dan beban mobil. Dengan demikian mesin selalu bisa memproduksi tenaga yang dibutuhkan sesuai kebutuhan.

Fastron Euro Asia IV Menerjang Gunung Es Asia TengahDi Iran, empat unit Fortuner ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi melewati highway yang melintasi negeri para Mullah itu menuju Turki, pintu gerbang Eropa.
Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil Toyota Fortuner 2.7 V AT 4 x 4, dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta.(di olah dari berbagai sumber)



Dahsyatnya VNT pada Fortuner Diesel

Variable Nozzle Turbo yang dipakai Toyota Fortuner Diesel memang luarbiasa. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.

Dengan perangkat VNT tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm jadi 144ps/3400rpm. Semntara torsi yang 26.5kgm/1600 - 2400 rpm  menjadi 35kgm/1600-2800rpm. Peningkatan signifikan itu semata-mata karena VNT karena mesin yang dipakai sama persis, yaitu empat silinder diesel berkapasitas 2.5 liter.

Untuk mengetahui aksi VNT mendorong mesin lebih produktif, ada baiknya menyegarkan ingatan tentang kerja turbocharger. Tujuan pemasangan Turbo adalah memperkaya jumlah oksigen yang masuk rang bakar agar pembakaran sempurna. Tambahan oksigen ini disedot dari luar. Turbocharger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang bakar. Kompressor mempunyai poros yang sama dengan turbin. Jika turbin berputar, kompresor berputar pula menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.

Pada Turbo biasa, agar kompressor bisa efektif, dibutuhkan putaranturbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Atau dengan kata lain Turbo baru efektif pada putaran mesin tinggi.

Bagaimana mendapatkan tekanan yang cukup pada putaran mesin rendah? Disinilah inovasi VNT.  Berneda dengan perangkat Turbo biasa, rumah turbin dilengkapi bilah/sudu-sudu. Sudu-sudu ini bisa diatur sudut bukaannya tergantung beban mesin, rpm, dan banyak variable lainnya. Penggerak sudu-sudu adalah motor listrik.

Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Hasilnya bisa memutar turbin secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah.

Semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu makin besar untuk menghindari tekanana berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo.

Karena turbo berhubungan dengan aliran  gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota Fortuner Diesel ini dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat. 

Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.

Fastron euroasia I 

Fortuner Standard Pabrik

Toyota Fortuner menjadi faktor penting dibalik suksesnya Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 lalu. Ekspedisi melintasi puluhan negara dengan jarak puluhan ribu km dari Jakarta menuju Italia itu menjadi etalase keunggulan produk dalam negeri.

Toyota-Astra Motor berpartisipasi dengan menyediakan empat unit Toyota Fortuner 2.7 liter bensin dengan sistem penggerak 4x4. Ternyata tidak banyak ubahan yang dilakukan untuk melakukan perjalanan panjang itu.

Bengkel Yanatta Auto Works di Lebak Bulus, Jakarta Selatan dipercaya mempersiapkan SUV itu. Kepada situs SL.com, Nurdianto kepala bengkel Yanatta Auto Works menjelaskan, “Ubahan yang kami lakukan sebenarnya tidak banyak, mas. Kami hanya diminta untuk membuat roof rack, Winch (katrol derek), side guard untuk bracket High Lift Jack (dongkrak untuk mengangkat mobil hingga 1 meter), dan terakhir rak besi di bagian bagasi,” jelas Nurdianto kepala bengkel Yanatta Auto Works.

“Tadinya sempat mau di pasang bull bar, tapi kita lepas lagi karena adanya larangan menggunakan bull bar di negara tertentu di Eropa. Sedangkan untuk sektor mesin dan lainnya dibiarkan tetap standar pabrik,” tambah Nurdianto sambil tersenyum ramah.

Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2700cc. Mobil ini mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-i yang tangguh dan dapat digunakan di segala medan, serta mendapat sertifikasi kelayakan uji emisi Euro-2. Pada ekspedisi ini, seluruh pelumas sistem mekanis menggunakan produk Pertamina. Termasuk pula minyak rem dan radiator coolant.

SUV ini dilengkapi power seat adjuster pada kursi pengemudi, corner and parking sensor, touch screen audio video system with Toyota navigation, serta parking camera.

“Kami bangga Toyota Grand New Fortuner dapat mengiringi perjalanan anak bangsa menapaktilas perjalanan Marcopolo. Kami berharap ekspedisi Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 ini dapat menanamkan rasa nasionalisme dan menginspirasi seluruh elemen bangsa untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa dan negara ini,” kata Presdiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan saat melepas ekspedisi ini yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2011.

Perjalanan ini merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim akan melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta (diolah dari berbagai sumber).

Fastron Euroasia II 

Menerjang Banjir Bandang Thailand

Perjalanan tim Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition di Thailand penuh warna. Negara yang dikenal dengan julukan Negeri Gajah Putih itu memiliki iklim dan kondisi geografis yang sama dengan Indonesia. Mestinya perjalanan akan lancar saja. Tapi, Oktober itu Thailand sedang tidak normal. Bangkok di terjang banjir bandang yang meluluhlantakkan kawasan itu.

Pada situasi seperti itu rombongan empat unit Toyota Fortuner itu harus melintasi Bangkok dan berhadapan dengan banjir bandang. Rupanya hujan deras yang mengguyur kawasan itu tidak mampu ditahan lagi oleh waduk sehingga jebol. Dalam situasi runyam itu, seluruh Fortuner bisa melintasi kawasan banjir dengan selamat. Tim diuntungkan dengan ground clearance Fortuner yang tinggi.

Di Thailand, empat mobil ini sempat di periksa di bengkel resmi Toyota setempat. Selain penggantian oli juga kondisi mobil setelah menempuh jarak ribuan kilometer. Hasilnya, bagus dan mobil bisa langsung meneruskan perjalanan menuju perbatasan Thailand – Laos.

Sebelumnya Tim sempat mampir di Songkla selepas dari Malaysia. Difasilitasi konsulat jendral setempat, tim bertemu media dan mempromosikan Indonesia. Fitur sistem navigasi terbukti banyak membantu perjalanan itu.

Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil Toyota Fortuner 2.7 V AT 4 x 4, dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta.(di olah dari berbagai sumber).


Watch On YouTube! (Saksikan Ketangguhannya di YouTube!)



Harapan Jika Punya SUV Tagguh Ini

Wahhh jika punya 1 saja alangkah bahagianya saya jika punya Fortuner. Desain yang elegan, tangguh dan handal membuat siapa saja tertarik buat memiliki. Harapan saya jika punya saya akan membawa seluruh keluarga saya jalan-jalan keluar kota dan saya tidak perlu takut untuk kerusakan-kerusakan yang akan terjadi karena seperti yang saya bilang, Fortuner didesain dengan ketangguhannya.


Jadi tunggu apalagi, segera miliki Fortuner VN Turbo ini, sekarang juga. Dan jangan lupa untuk bawa saya jalan-jalan dengan Fortuner baru Anda. Hahaha....

Nah, sobat Blog Gado Gado.. Anda telah membaca seluruh artikel berjudul Fortuner Penjelajah Tangguh dengan keword yang masuk Toyota . Anda dapat memberikan komentar ditempat yang telah tersedia. Terima kasih kunjungan Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar