Home » gejala , menoupause , tanda » tanda gejala menoupause

tanda gejala menoupause

Kali ini Blog Gado Gado akan menampilkan artikel berjudul tanda gejala menoupause. Dengan artikel tanda gejala menoupause ini kami berharap dapat menjadi sebuah rujukan dan bahan penambah wawasan kita terkait dengan judul tersebut. Artikel ini adalah hasil pencarian di google dengan kata kunci tanda gejala menoupause kemudian saya kumpulkan dan saya sajikan buat anda di Blog Gado Gado ini. Semoga kehadiran artikel ini bermanfaat bagi kita semua.anda juga dapat melihat artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Ok, langsung saja berikut adalah artikel tanda gejala menoupause selengkapnya:

Gejala menopause adalah gejala-gejala yang terjadi sebelum berhentinya siklus menstruasi pada wanita di akhir masa usia subur.

Apabila seorang wanita tidak mengalai menstruasi selama 12 bulan (kecuali ketika masa kehamilan dan masa sebelum pubertas) dapat dikatakan wanita tersebut telah mengalami menopause.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab terjadinya menopause.

  • Faktor usia sebagai penyebab utama terjadinya menopause, menopause rata-rata terjadi pada wanita yang telah berusia diatas 50 tahun. Namun ada beberapa wanita yang mengalami menopause dini di usia 40 tahunan.
  • Faktor pengobatan tertentu, pengobatan medis dan operasi pengangkatan ovariun, kemoterapi maupun terapi radiasi pinggul juga dapat menyebabkan menopause.
  • Faktor kesehatan, kesehatan tubuh juga mempengaruhi waktu menopause, misalnya pada wanita yang merokok akan mengalami gejala menopause beberapa tahun lebih dini dibandingkan wanita yang tidak merokok.
Menopause yang terjadi secara normal akan dialami seorang wanita dengan cara bertahap, berikut adalah tahap-tahap dalam menopause.
  • Primenopause, adalah masa dimana sebelum terjadinya menopause, ovarium melambat secara perlahan-lahan, haid terjadi tidak teratur. Di masa ini, masih ada kemungkinan untuk hamil karena ovarium masih bisa ber-ovulasi
  • Gejala menopause, setelah menopause mendekat, masa haid akan berubah-ubah, bisa semakin singkat atau semakin lama.
  • Menopause, masa dimana berhentinya siklus menstruasi secara permanen.
Gejala-gejala lain sebelum menopause adalah sebagi berikut.
  • Hot Flashes. Perasaan panas yang kemudian membuat wajah dan leher memerah, munculnya bintik-bintik di dada, punggung dan lengan. Biasanya diikuti oleh keringat yang berlebihan. Cara mengatasnya bisa dnegan menggunakan pakaian yang tipis, olahraga secara teratur dan menggunakan kipas angin
  • Gangguan seks. Produksi hormon esterogen yang menurun memicu vagina menjadi kering dan menimbulkan rasa sakit pada saat behubungan intim. Hal ini merupakan gejala menopause yang normal terjadi.

Nah, sobat Blog Gado Gado.. Anda telah membaca seluruh artikel berjudul tanda gejala menoupause dengan keword yang masuk gejala , menoupause , tanda . Anda dapat memberikan komentar ditempat yang telah tersedia. Terima kasih kunjungan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar