Home » kesehatan , menoupause , wanita » cara hindari menoupause dini

cara hindari menoupause dini

Kali ini Blog Gado Gado akan menampilkan artikel berjudul cara hindari menoupause dini. Dengan artikel cara hindari menoupause dini ini kami berharap dapat menjadi sebuah rujukan dan bahan penambah wawasan kita terkait dengan judul tersebut. Artikel ini adalah hasil pencarian di google dengan kata kunci cara hindari menoupause dini kemudian saya kumpulkan dan saya sajikan buat anda di Blog Gado Gado ini. Semoga kehadiran artikel ini bermanfaat bagi kita semua.anda juga dapat melihat artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Ok, langsung saja berikut adalah artikel cara hindari menoupause dini selengkapnya:

Menoupause dini adalah menopause yang terjadi lebih awal yaitu sebelum masa rata-rata wanita mengalami menopause.

Seharusnya, wanita normal rata-rata mengalami menopause pada usia diatas 45 tahun. Namun sekarang menopause yang lebih awal terjadi lebih sering di temui.

Jika dulu, diantara 100 wanita ada 1 orang yang mengalaminya, sekarang angkanya meningkat hingga 6 kali lipat. Bahkan ada wanita yang mengalami menopause dini diusia 20 tahunan.

Penyebab terjadinya menopause dini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kebiasaan merokok pada wanita dapat menyababkan rusaknya ovarium dan gangguan pada faktor reproduksi.
  • Faktor genetik juga dianggap ikut andil dalam menyebabkan menopause lebih awal. Menggunakan obat-obatan pelangsing yang tidak benar juga telah terbukti menimbulkan menopause karena merusak ovarium dan menghambat produksi hormon esterogen.
  • Faktor penyebab lain adalah kemoterapi dan radiasi yang di lakukan pada penderita penyakit kanker yang berpengaruh ada terjadinya menopause yang terjadi sebelum waktunya (usia diatas 45 tahun).
  • Pembedahan yang di lakukan dokter untuk alasan kesehatan yang di alami pasien seperti kanker pada ovariun yang berujung pada pengangkatan rahim, saluran telur atau indung telur membuat tubuh penderita terjadi menopause lebih dini.
  • Infeksi seperti gondok atau TBC juga dapat berpengaruh pada keseimbangan hormon dan ovarium.

Resiko yang di dapatkan jika terjadi menopause dini adalah timbulnya gejolak panas yang ditandai oleh wajah dan leher yang memerah, gangguan tidur, menurunnya gairah seks, jantung berdebar-debar serta pusing.

Gangguan lain adalah resiko terkena penyakit tulang, osteoporosis, sakit jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi) bahkan ada kemungkinan mengalami stroke karena pecahnya pembuluh darah di otak.

Menopause dini sebetulnya penyebabnya dapat dilakukan tindakan pencegahan, yaitu dengan meningkatkan kekebalan tubuh kita, menjaga kesehatan dengan mengawali gaya hidup sehat yang menjaga kita untuk tetap sehat dan tehindar dari penyakit seperti infeksi ataupun kanker. Sehingga kita bisa tetap menjaga organ reproduksi kita agar tetap sehat dan normal. Meningkatkan konsumsi kalsium dan berolah raga secara teratur akan sangat baik untuk mencegah menopause dini.


Nah, sobat Blog Gado Gado.. Anda telah membaca seluruh artikel berjudul cara hindari menoupause dini dengan keword yang masuk kesehatan , menoupause , wanita . Anda dapat memberikan komentar ditempat yang telah tersedia. Terima kasih kunjungan Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar