Home » burung , memilih burung bagus , perawatan burung » Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Kali ini Blog Gado Gado akan menampilkan artikel berjudul Cara Merawat Burung Kacer Mabung. Dengan artikel Cara Merawat Burung Kacer Mabung ini kami berharap dapat menjadi sebuah rujukan dan bahan penambah wawasan kita terkait dengan judul tersebut. Artikel ini adalah hasil pencarian di google dengan kata kunci Cara Merawat Burung Kacer Mabung kemudian saya kumpulkan dan saya sajikan buat anda di Blog Gado Gado ini. Semoga kehadiran artikel ini bermanfaat bagi kita semua.anda juga dapat melihat artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Ok, langsung saja berikut adalah artikel Cara Merawat Burung Kacer Mabung selengkapnya:

Burung Kacer

Kacer adalah burung yang populer di kalangan pecinta burung berkicau yang di pelihara untuk di jadikan burung rumahan atau juga di jadikan burung lomba. Burung kacer ada dua jenis yaitu kacer dada putih yang biasanya di sebut burung Poci dan satu lagi kacer yang full hitam yang di sebut kacer jawa.
Kacer dada putih harga lebih murah di badningkan dengan kacer full hitam mungkin karena kacer dada putih masih banyak di jumpai di pedagang-pedagang burung.
Oke langsung saja kita bahas soal cara merawat burung kacer yang sedang mabung, burung mabung yaitu burung yang sedang mengalami pergantian bulu jadi burung yang sedang mabung memang memerlukan tenaga dan vitamin yang bagus agar burung kita tidak drop atau berkurang performanya nanti kalau sudah pulih.
Perawatan untuk kacer ketika tanda-tanda mau mabung sudah kelihatan (bulu2 kecil mulai berjatuhan satu-dua) lakukan saja treatment mabung secara ekstrem agar mabung sempurna:

  1. Full kerodong.
  2. Ganti merk voer (ganti voer 521 pakan ayam jig bagus untuk mempercepat rontok).
  3. Tembak kroto sehari sesendok makan (kalau untuk harian, kacer tidak perlu dikroto. Pemberian kroto dihentikan setelah bulu lama rontok semua).
  4. Burung tidak usah dimandikan dan dijemur.
  5. Tidak usah dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.
  6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.
Proses mabung kacer lebih cepat ketimbang MB misalnya. Mulai bulu rontok sampai bulu pulith kembali sekitar 2 bulan. Setelah bulu pulih semua, baru burung dimandikan dan jemur secara bertahap. Baru sekitar 1 bulan setelah bulu lengkap, yakni setelah melalui proses penjemuran dsb, kacer bisa ditampilkan/ditrek dengan kacer lain.
Ok selamat mencoba semoga burung kacer anda tetap fit dan kembali koncer

Nah, sobat Blog Gado Gado.. Anda telah membaca seluruh artikel berjudul Cara Merawat Burung Kacer Mabung dengan keword yang masuk burung , memilih burung bagus , perawatan burung . Anda dapat memberikan komentar ditempat yang telah tersedia. Terima kasih kunjungan Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar