Home » Pelajar » Kiat Suskses Menembus SNMPTN

Kiat Suskses Menembus SNMPTN

Kali ini Blog Gado Gado akan menampilkan artikel berjudul Kiat Suskses Menembus SNMPTN. Dengan artikel Kiat Suskses Menembus SNMPTN ini kami berharap dapat menjadi sebuah rujukan dan bahan penambah wawasan kita terkait dengan judul tersebut. Artikel ini adalah hasil pencarian di google dengan kata kunci Kiat Suskses Menembus SNMPTN kemudian saya kumpulkan dan saya sajikan buat anda di Blog Gado Gado ini. Semoga kehadiran artikel ini bermanfaat bagi kita semua.anda juga dapat melihat artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Ok, langsung saja berikut adalah artikel Kiat Suskses Menembus SNMPTN selengkapnya:

Banyak orang yang saya kenal tidak mengerti arti kata "sukses" secara benar, sehingga mereka sering menganggap bahwa sukses itu adalah nasib atau orang sukses itu dilahirkan oleh orang kaya atau orang pintar. Mereka lupa bahwa sukses itu bukan datang dari luar, tetapi dia datang dari dalam diri mereka sendiri.
Sebagai contoh, marilah kita lihat suatu kasus yang sering dijadikan "kisah" dalam buku-buku penjualan. Peristiwanya begini: Ada dua orang wiraniaga ditugasi oleh dua perusahaan pembuat sepatu ke Afrika (tentu saja untuk melihat prospek pemasaran sepatu). Setelah dua hari berada di Afrika, mereka melihat bahwa tak ada seorangpun yang memakai sepatu disana. Mereka masing-masing mengirim telegram kepada atasannya. Satu wiraniaga mengirim telegram, "Besok saya pulang, tak ada seorangpun yang memakai sepatu disini". Wiraniaga yang lain mengirim telegram, "kirim segera 5000 pasang sepatu, tak ada seorangpun yang memakai sepatu disini".
 Kasus diatas memperlihatkan kepada kita bahwa ada dua wiraniaga menghadapi keadaan yang sama tetapi menanggapi dengan cara yang berbeda. Wiraniaga pertama, dengan cara seperti itu, tentunya tidak akan mendapatkan apa-apa dari perjalanannya ke Afrika itu. Akan tetapi wiraniaga kedua kemungkinan akan memperoleh keuntungan yang besar. Kalau begitu apa yang membuat mereka berbeda? Jawabannya adalah SIKAP, sikap memandang sesuatu! Wiraniaga pertama memandang keadaan "tak ada yang memakai sepatu" tadi sebagai pertanda bahwa orang-orang afrika tidak akan mau membeli sepatu, sedangkan wiraniaga kedua melihat keadaan tersebut sebagai pertanda bahwa orang-orang Afrika belum mengenal sepatu sehingga kalau ada sepatu maka mereka akan berbondong-bondong membelinya. Disini letak perbedaan antara orang-orang sukses dan orang tidak sukses. Orang sukses melihat sesuatu itu sebagai peluang, tetapi orang tidak sukses melihat sesuatu sebagai hambatan.
Dari kasus di atas, saya mengharapkan Anda telah menyadari bahwa kesuksesan itu bukanlah nasib dan juga tidak menuntut harus dilahirkan dari orang kaya atau orang pintar. Kelulusan Anda di SNMPTN nanti juga tidak memperdulikan apakah saat ini Anda dapat rangking atau tidak. Tetapi dia menuntut perubahan sikap anda. Sikap- sikap yang dimiliki orang-orang sukses disebut sikap sukses atau sikap positif. Sikap-sikap positif tersebut antara lain adalah berpikiran positif, berkeyakinan positif, berkemauan positif, dan sebagainya.
Sebelum saya menjelaskan satu persatu tentang sikap di atas atau bab demi bab dalam buku ini, maka terlebih dahulu saya ingatkan bahwa yang saya berikan dalam buku ini adalah teori atau anjuran-anjuran. Misalnya bab dua menjelaskan tentang metode belajar efektif. Setelah selesai bab tersebut Anda baca tentu tidak otomatis membuat Anda menjadi pandai, Akan tetapi haruslah  Anda praktekkan. Begitu juga tentunya untuk bab-bab lainnya.

1.1 BERPIKIR POSITIF
Apakah berfikir positif itu? Berfikir positif adalah suatu kegiatan mental yang menghasilkan pikiran-pikiran yang mendukung tercapainya suatu tujuan. Sedangkan pikiran-pikiran yang menghambat tercapainya suatu tujuan disebut pikiran negatif. Berfikir positif menggunakan gagasan-gagasan positif. Misalnya: Saya bisa, Saya sehat, Saya bahagia, dan sebagainya. Sedangkan contoh gagasan-gagasan negatif antara lain: Saya tidak bisa, Saya dalam keadaan kurang sehat, Hidup saya kurang bahagia, dan sebagainya.
Gagasan-gagasan negatif seperti 'tidak bisa" dapat menghancurkan seluruh kemampuan Anda. Hilangkanlah gagasan-gagasan tersebut dari kams pikiran Anda. Sebaliknya gagasan-gagasan positif seperti "harus bisa" dapat membangkitkan seluruh kemampuan Anda. Karena itu, kalau Anda ingin sukses, biasakanlah berfikir positif.
Apakah pikiran positif itu selalu berhasil? Jawabannya: YA, selalu dan pasti! Hasil perbuatan kita selalu sejalan dengan hukum alam. Salah satu hukum alam tersebut adalah hukum alam sebab akibat. Jika kita menanam tomat pasti yang tumbuh juga tomat, tidak mungkin tumbuh cabe. Begitu juga jika kita tanam kebaikan (berfikiran positif), maka pasti yang tumbuh juga kebaikan(kesuksesan), dan tidak mungkin tumbuh yang lain. Kalau kita berfikir itu berarti kita memperkerjakan otak (syaraf pusat) kita. Apa yang dikerjakan syaraf pusat langsung ditanggapi oleh syaraf-syaraf lainnya (bawah sadar). Anda boleh mencoba dengan mengatakan "Tenang" pada diri anda secara pelan-pelan sambil berdiam diri beberapa saat, maka secara berangsur-angsur perasaan Anda menjadi lebih tenang . Begitu jiga sebaliknya, kalau Anda berkata "Perut saya mual" dan mencoba merasakan beberapa kali, maka perasaan mualpun berangsur-angsur menjadi terasa. Dengan demikian kalau tubuh ini diandaikan sebuah kapal, maka pikiran merupakan kaptennya. Kemana perginya kapal tentu tergantung kepada kapten. Begitu juga berhasil tidaknya Anda bergantung pada pikiran Anda.
Seorang pimpinan dalam suatu perusahaan pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan perusahaannya. Dia tidak disenangi oleh pegawai-pegawainya. Mengingat kenyataan itu, suatu hari pimpinan itu merenungkan penyebab dari kegagalan tersebut. Kemudian ia menemukan bahwa penyebab tersebut ada pada dirinya sendiri. Dia sering berfikir negatif, membayangkan bahwa pegawainya tidak menyukai dia, sehingga dia tidak pernah mencoba menegur atau mencoba menyapa pegawai-pegawainya. Menyadari hal ini, pimpinan tersebut mengubah cara berfikirnya, dia mencoba merasakan seolah-olah pegawai-pegawainya menyenanginya. Sejak saat itu dia biasakan menyapa mereka. Akhirnya pegawai-pegawainya menjadi baik kepadanya. Nah, begitu juga sebaiknya kalau Anda ingin lulus SNMPTN, berfikir positif. Pikirkan kemungkinan lulus, kemudian belajarlah. Dengan cara seperti itu, saya yakin Andapun akan lulus.
Semua hal yang saya jelaskan diatas hanya merupakan gambaran tentang berfikir positif. Suatu hal yang paling penting tentunya bagaimana supaya kita menjadi pemikir positif? Mengubah diri menjadi pemikir positif kita lakukan atas dasar ungkapan yang sering kita dengar, yaitu "mens sana in corpore sano" yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat. Pernyataan ini berlaku secara bolak balik, artinya, tubuh yang sehat cenderung membuat pikiran menjadi sehat(positif) dan pikiran yang positif cenderung membuat tubuh menjadi sehat.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kalau kita ingin menjadi pemikir positif, maka kita harus memperhatikan fisik dan mental secara simultan(terpadu).
Secara mental, kita harus menyadari bahwa berfikir positif itu menguntungkan. Karena itu, biasakan diri berfikir positif. Orang sering berfikir negatif karena sering melihat kelemahan-kelemahan yang ada dalam dirinya. Untuk itu, biasakanlah memandang diri dari segi positifnya.
Secara fisik, kita harus menjaga tubuh. Salah satu hal yang perlu dilakukan supaya tubuh sehat adalah berolahraga secara teratur yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Dengan berolahraga secara teratur, kelenjar-kelenjar tubuh kita akan diseksresikan dengan normal. karena kelenjar bereksresi dengan normal, maka terbentuklah susunan syaraf yang baik(sikap yang baik). Salah satu olahraga yag paling baik untuk kesehatan adalah lari pagi. Karena pada pagi hari itu, selain berollahraga, kita juga mendapat udara yang segar.

1.2 KEYAKINAN
Keyakinan dan gagasan positif mempunyai hubunga yang erat sekali. Keduanya bagaikan kursi dan meja, yaitu saling melengkapi. Kalau kita mempunyai meja tanpa kursi tentu terasa pincang, begitu juga sebaliknya. Keduanya harus ada baru sempurna. Setiap gagasan positif harus didukung oleh keyakinan hanya merupakan gagasan kosong, tiada bermakna.

Maaf, kami belum menemukan konten penuh mengenai Kiat Suskses Menembus SNMPTN oleh : Suwah Sembiring. Kami akan mengupdate artikel ini jika kami menemui sambungan mengenai artikel ini.

Nah, sobat Blog Gado Gado.. Anda telah membaca seluruh artikel berjudul Kiat Suskses Menembus SNMPTN dengan keword yang masuk Pelajar . Anda dapat memberikan komentar ditempat yang telah tersedia. Terima kasih kunjungan Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar