Home » seo » Apa Itu Google Panda dan Google Penguin?

Apa Itu Google Panda dan Google Penguin?

Kali ini Blog Gado Gado akan menampilkan artikel berjudul Apa Itu Google Panda dan Google Penguin?. Dengan artikel Apa Itu Google Panda dan Google Penguin? ini kami berharap dapat menjadi sebuah rujukan dan bahan penambah wawasan kita terkait dengan judul tersebut. Artikel ini adalah hasil pencarian di google dengan kata kunci Apa Itu Google Panda dan Google Penguin? kemudian saya kumpulkan dan saya sajikan buat anda di Blog Gado Gado ini. Semoga kehadiran artikel ini bermanfaat bagi kita semua.anda juga dapat melihat artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Ok, langsung saja berikut adalah artikel Apa Itu Google Panda dan Google Penguin? selengkapnya:

D-Copy BlogGoogle merupakan pemimpin dan pioneer dalam hal pencarian di internet. Dalam beberapa tahun terakhir Google berhasil menguasai sekitar 2/3 saham dalam dunia internet  dan terus memaksimalkan kecerdasan mesin pencarinya, Sebagai contoh, baru beberapa bulan Google mengupdate algoritma Google Panda  lama setelah itu sekitar 3 bulan kemudian  kembali Google mengupdate yang namanya Google penguin. Google Panda saja sudah cukup ditakuti oleh pengelola situs, dan di tambah lagi update Google penguin sekitar akhir April kemaren.  Banyak situs yang terkena efek dari update Google panda dan penguin ini.
Google Panda dan Google Penguin

Nah, kira-kira apaan sih Panda dan penguin itu? Mengapa harus ada Google panda dan penguin? Dan bagaimana cara kerja mereka hingga berpengaruh besar terhadap SERP (Search Engine Result Page) sebuah situs? Disini saya akan menjelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan Google panda dan penguin tersebut, yang saya sarikan dari berbagai sumber. Mungkin bagi sebagian sobat blogger pemula masih bingung, karena itulah kita wajib mengetahui istilah ini.

Google Panda dan Google Penguin di luncurkan Google dalam hal ini bertujuan dalam rangka mengoptimalisai mesin pencari mereka. Karena banyak keluhan yang disampaikan pengguna Google search, mengapa setiap mereka mencari artikel tertentu yang muncul di halaman pertama adalah justru situs-situs spam yang tidak menampilkan artikel yang diinginkan. Banyak situs-situs yang memanfaatkan kelemahan Google search sehingga mereka menggunakan teknik Black HAT SEO dalam mengoptimasi situsnya. Nah disinilah maka Google terus-menerus mengupdate teknik algoritma mesin pencarinya termasuk panda dan penguin yang jaraknya hanya sekitar 3 bulan.

Tentang Google Panda

Google Panda adalah Algoritma terbaru mesin pencari Google tahun 2010 akhir atau awal tahun 2011, setelah sebelumnya Google melakukan update algoritma pencarian dengan nama "Google Caffeine". Penyebab Google melakukan update ke Google Panda adalah karena Google Caffeine belum memberikan hasil pencarian (search google) yang baik terhadap situs-situs supaya tampil diposisi utama SERP, sehingga di awal tahun 2011 Google melakukan update algoritma search engine dengan maksud hasilnya bisa lebih baik. Sekitar 12% situs-situs besar di dunia telah terkena dampak Google Panda ini. Banyak dari situs-situs tersebut terlempar dari halaman pertama pencarian Google. Selama masa periode itu Google terus memperbaiki kinerja Panda nya sebanyak 12 kali hingga 20 April 2012. Buat sobat yang mungkin postingannya pernah berada di halaman pertama namun sudah hilang terlempar hingga halaman kesekian bisa jadi terkena dampak google Panda ini.

Mengenai Google Penguin

Google Penguin adalah lanjutan dari update Google panda sebelumnya. Diperkenalkan pada tanggal 24 April 2012. Sekali lagi, itu ditujukan untuk menghukum situs spam. Sejauh ini, telah berpengaruh sekitar 3% dari situs seluruh dunia. Sebelum merilis, Google telah mengatakan;
In the next few days, we’re launching an important algorithm change targeted at web spam. The change will decrease rankings for sites that we believe are violating Google’s existing quality guidelines. We’ve always targeted web spam in our rankings, and this algorithm represents another improvement in our efforts to reduce webspam and promote high quality content. While we can’t divulge specific signals because we don’t want to give people a way to game our search results and worsen the experience for users, our advice for webmasters is to focus on creating high quality sites that create a good user experience and employ white hat SEO methods instead of engaging in aggressive webspam tactics.
Kalo boleh Google Translate artikan kurang lebih seperti ini;
Dalam beberapa hari ke depan, kami akan meluncurkan sebuah algoritma baru yang ditargetkan pada web spam. Perubahan ini akan menurunkan peringkat sebuah situs yang diindikasikan telah melanggar pedoman Google. Kami selalu menargetkan web spam dalam rangking Google dalam upaya mengurangi web spam dan menyajikan konten berkualitas tinggi. Meskipun kami tidak dapat membocorkan sinyal khusus karena kita tidak ingin memberi orang cara untuk mempermainkan hasil pencarian kami dan memperburuk pengalaman bagi pengguna, saran kami untuk webmaster adalah  fokus pada menciptakan situs berkualitas tinggi yang menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan menggunakan metode white hat SEO bukannya terlibat dalam taktik webspam agresif.
Dengan beberapa update algoritma Google ini, sudah banyak situs-situs yang dihukum sehingga turun peringkatnya di Google search, penurunan traffic kunjungan dan turunnya pula pagerank situs / blog mereka. Dan situs-situs yang benar-benar menyajikan konten berkualitas dan orisinal telah merasakan keuntungan dari algoritma Google ini.

Bagaimana Cara Kerja Google Panda?

Google panda menekankan atau mengantisipasi adanya content farm mengingat banyaknya content-content farm saat ini yang merugikan blogger lainnya dan menguntungkan web yang memasang content farm saja.

Apa Itu Content Farm?

Menurut terjemahan Wikipedia: Content farm  adalah content atau artikel-artikel pada website yang tulisannya dikerjakan oleh penulis lepas (freelance writer) untuk menghasilkan content yang memenuhi algoritma pencarian (mesin pencari secara otomatis) dengan maksud menghasilkan pendapatan iklan melalui tampilan yang menarik perhatian pembaca.

Apa Akibatnya Jika Google Mengetahui Sebuah Web Menggunakan Content Farm?

Akibat ringan: Google menurunkan ranking blog yang terdeteksi menggunakan "content farm" sehingga nantinya web/blog penggunak content farm akan sulit di posisi utama mesin pencarian Google.
Akibat Berat: bukan tidak mungkin sebuah web/blog mengalami penurunan drastis atau tidak lagi ditemukan dimesin pencari Google.

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan Google panda dan penguin, efek serta pengaruhnya terhadap blog kita serta blog seperti apa yang berpotensi terkena dampak algoritma terbaru Google ini.

Nah, sobat Blog Gado Gado.. Anda telah membaca seluruh artikel berjudul Apa Itu Google Panda dan Google Penguin? dengan keword yang masuk seo . Anda dapat memberikan komentar ditempat yang telah tersedia. Terima kasih kunjungan Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar